Balai Saruang: Pusat Putusan Adat Tertinggi di Minangkabau

 Balai Saruang: Tampuak Tangkai Alam Minangkabau
    (Pusat Putusan Adat Tertinggi di Minangkabau)


      Pariangan merupakan negeri asal Minangkabau dan di sinilah pertama kali nenek moyang kita berada. Hal ini sesuai dengan pepatah adat: “Dimano Titiak Palito, Dibaliak Teloang nan Batali, Cahayo Tarang Bamego-mego, Mambayang sampai   ka Subarang, Darimano Asa Niniak Kito, Dari Lereang Gunuang Marapi, Turun ka Ligundi Nan Baselo, di Pariangan Padang Panjang // Dipatah Rantiang Sikakau, Dipatah di Pasilangkan, Takambang Adat di Minangkabau, Batumpak di Pariangan, Disinan Adaik Nan Bagantang, Gantang Bareh Puluik Padi".

     Pariangan merupakan nagari yang tinggi nilai seni dan kaya dengan wisata adat dan budaya. Kekayaan tersebut ditandai dengan adanya situs cagar budaya serta terpelihara keberadaan tempat tersebut, salah satunya adalah Balai Saruang. Balai Saruang menandakan eksistensi nagari Pariangan karena Balai/Balairung merupakan salah satu persyaratan terbentuknya suatu nagari (Zulfahmi, Lintasan Budaya dan Adat Minangkabau, 2003; 38). Selain itu, bagian yang menjadi identitas nagari adalah balabuah batapian, bakoroang bakampuang, basawah baladang, bapandam-pakuburan dan bagalanggang.

      Balai Saruang merupakan suatu tempat di mana Angku Bandaharo Kayo sebagai Tampuak Tangkai Alam Minangkabau memutuskan suatu perkara dan hukum. Perkara yang diputuskan di sini tidak dapat dilakukan banding yang dikenal dengan istilah “Biang Cabiak Gantiang Putuih, Kato Putuih Nan Ndak Bisa Dibandiang Lai” yang berarti bahwa segala sesuatunya dapat diputuskan di sini dan jika keputusan telah dijatuhkan maka tidak dapat dilakukan banding. Keputusan Adat tidak boleh disanggah atau ditolak oleh pucuk-pucuk pimpinan adat maupun penyelenggara adat di Minangkabau dan jika menyanggah ataupun menolak maka akan batal dan hilanglah kebesaran dan kepenghuluan seseorang, baik sebagai seorang Raja maupun sebagai seorang datuk ataupun niniak mamak (Angku Bandaharo Kayo, Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, 5 Oktober 2016, Jam 00:32 WIB )


Balai Saruang

     Dalam pemerintahan adat tempat pemutusan hukum tertinggi bertempat di Balai Saruang. Sedangkan di Indonesia dikenal dengan nama Mahkamah Agung/MA. Mahkamah Agung merupakan Pengadilan Negara Tertinggi dan ia mempunyai organisasi, administrasi dan keuangan sendiri (Roihan A. Rasyid, Hukum Acara Peradian Agama, 2007; 11).

     Jadi seluruh peradilan  baik Peradilan Agama, Militer, Umum dan Tata Usaha Negara akan bermuara ke Mahkamah Agung. Sama halnya dengan Balai Saruang yang menjadi muara putusan yang dilakukan di Balai Pasujian dan Balai Panjang. Ada juga suatu balai yang dinamakan dengan Balai Katiak yang merupakan tempat eksekusi. Untuk balai-balai ini akan penulis paparkan pada kesempatan lain.

      Balai Saruang memiliki batu-batu tempat duduk dan batu sandaran sebanyak 8 buah. Ini dikarenakan dalam kepemimpinannya Angku Bandaharo Kayo dibantu oleh delapan orang niniak mamak yang dikenal dengan “niniak mamak nan salapan” (niniak mamak yang delapan). Niniak mamak tersebut membantu sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

   Keberadaan Angku Bandaharo Kayo dengan Maharajo Basa sebagai Tampuak Tangkai Alam Minangkabau telah ada sebelum ada Datuak Parpatiah Nan Sabatang dengan Datuak Katumangguangan. Kekuasan tersebut di masa kerajaan Pasumayan Koto Batu meskipun memakai sistem Aristokrat (Kerajaan), namun Musyawarah-Mufakat (Demokrasi) digunakan ketika memberikan masukan Kepada Yang Dipertuankan. Sistem demokrasi inilah yang dijadikan dasar (diserap) oleh Datuak tersebut untuk diterapkannya di Limo Kaum dan Sungai Tarab. Sungguh sangat menakjubkan bukan !!!! Mereka berkiblat ke Pariangan.
   

 
Angku Bandaharo Kayo sebagai Tampuak Tangkai Alam Minangkabau memiliki beberapa kebesaran yaitu :

1. Melaksanakan sistem pemerintahan Lareh nan Panjang
yaitu adat yang mula diciptakan yaitu Koto Piliang oleh Datuak Katumangguangan dan Bodi Caniago oleh Datuak Parpatiah Nan Sabatang. Pelaksanaan kedua sistem tersebut awalnya dipimpin oleh Angku Bandaharo Kayo dan sampai saat ini terdapat di Lareh Nan Panjang.

2. Koto Piliang dengan kebesarannya Langgam nan Tujuah, Basa Ampek Balai dan Bodi Caniago dengan kebesaran Tanjuang nan Ampek Lubuak nan Tigo.
    a) Rapek Koto Piliang ke Tujuah Langgamnyo dipimpin oleh Datuak Bandaro Putiah yang merupakan kemenakan datuak Katumangguangan yang bertempat di Sungai Tarab, Rapek Bodi Caniago Kaampek Tanjuangnyo bertempat di Tanjuang Sungayang, Rapek Katigo Lubuaknyo bertempat di Lubuak Siunai sedangkan Rapek seluruh Bodi Caniago bertempat di Limo Kaum yang dipimpin oleh Datuak Bandaharo Kuniang.
     b) Rapek Koto Piliang dan Bodi Caniago bersama-sama bertempat di Pariangan yang dipimpin oleh Angku Bandaharo Kayo. Ketika suatu permasalahan telah sampai di Balai Saruang maka setiap pemimpin kelarasan (Dt.Bandaharo Putiah: Koto Piliang) dan (Dt. Bandaharo Kuniang: Bodi Caniago), beliau hanya menerima keputusan dan tidak ikut serta Manimbang, Maukua jo Mamutuihkan

3. Tempat melakukan banding terhadap hukum di Minangkabau ketika terjadi suatu permasalahan. 
Ketika terjadi permasalahan adat di nagari maka akan diselesaikan secara adat di tingkat nagari dan jika ingin membanding keputusan tingkat nagari tersebut dilakukan di Balai Saruang, begitu juga dengan permasalahan adat di Lareh maka tempat membandingnya ke Balai Saruang dan untuk permasalahan rantau seperti itu juga tempat membandingnya juga ke Balai Saruang.

4. Balai Saruang merupakan Mahkamah Tertinggi Hukum Adat di Minangkabau. 
Di sinilah Raja yang dipertuankan Bandaharo Kayo, Raja Pasumayan Koto Batu Duduak, dikida mandaek bapalangai, disuok cahayo mahanikam, tangan talayuak hukum jatuah, kaki talangkah kato sudah, kalam taceheang jadi tambo, kato sabuah manjadi hukum, hukum jatuah sangketo putuih, tak dapek dibandiang lai.


Angku Bandaharo Kayo: Tampuak Tangkai Alam Minangkabau

     Pariangan menjadi Tampuak Tangkai Alam Minangkabau karena di sinilah Angku Bandaharo Kayo sebagai penerus dari Sulthan Suri Maharajo Dirajo dalam melaksanakan peradilan tertinggi/terakhir dalam menyelesaikan permasalahan anak kemenakan datuak Parpatiah Nan Sabatang dan Datuak Katumangguangan yang telah tersebar di seluruh wilayah Minangkabau.

     Balai Saruang menjadi bukti bahwa Pariangan menjadi desa tempat pemutusan hukum tertinggi di Minangkabau,  di sinilah pusat kekuasaan kehakiman di Minangkabau. Jika di Indonesia ada Mahkamah Agung maka di Minangkabau ada Balai Saruang dan tempatnya di Pariangan. Desa dengan seribu cagar budaya, terindah, beradat dan bermartabat, untuk itu Pariangan sangat cocok dijadikan tempat destinasi wisata budaya bagi traveler semua. Welcome to Pariangan.

Sebagai anak nagari akan kami persembahkan yang terbaik buat desa ini.
Welcome to Pariangan Village
#anaknagaripariangan

Rumah Gadang Angku Bandaharo Kayo


   

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer